Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Dengan

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan Rufus

ads

Hal pertama yang harus disiapkan ketika ingin melakukan install ulang Windows 10 menggunakan Flashdisk adalah menyiapkan bootable Flashdisk Windows 10.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari cara membuat bootabel Windows 10 dengan Flashdisk, saya akan coba membagikan tutorial lengkap membuat bootable Windows 10 dengan menggunakan aplikasi bernama Rufus.

Meskipun sebenarnya ada cara lain juga, rufus menjadi solusi terbaik dan termudah berdasarkan pengalaman saya.

Kenali Sistem Arsitektur Laptop atau PC Anda

Jauh sebelum ke tutorial, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu sistem artsitektur laptop atau PC Anda, karena hal ini akan terkait dengan proses pembuatan bootable flashdisk dengan baik dan benar.

Singkatnya, perangkat komputer terdiri dari 2 jenis sistem arsitektur, yakni 32-bit dan 64-bit. Begitu pula dengan Windows 10, dia memiliki 2 versi yang sama pula, 32-bit dan 64-bit. Itu artinya, jika perangkat komputer Anda mengusuh sistem arsitektur 32-bit, Anda sebaiknya menginstall Windows 10 edisi 32-bit juga.

Untuk mengetahui sistem arsitektur perangkat komputer Anda, caranya silakan masuk Settings > System > About. Nantinya Anda akan melihat sistem arsitektur yang kurang-lebih seperti gambar di bawah ini.

Screenshot 42

Jika dilihat dari gambar diatas, Processor laptop yang saya gunakan adalah x64 dan sistem operasi-nya 64-bit. Jadi ketika saya ingin melakukan install ulang, saya harus menginstall Windows 10 edisi 64-bit juga.

Perlu dicatat juga bahwa terkadang 32 bit ditulis sebagai “32-bit” atau “x86” dan 64 bit ditulis sebagai “64-bit” atau “x64”.

Jika semua diatas sudah jelas, mari kita lanjutkan ke tutorial utamanya.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

1. Download Media Creation Tool

Software ini bisa di download secara gratis melalui website resmi Microsoft. Silakan klik disini untuk mengunjungi situs resmi Microsoft dan klik tombol Download tool now untuk mendownload software Media Creation Tool.

Screenshot 35

2. Buka Media Creation Tool

Double-click untuk membuka software Media Creation Tool yang sudah terdownload tadi. Jika sudah terbuka, silakan klik “Accept” untuk melanjutkan proses.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 1

Langkah selanjutnya adalah silakan pilih opsi “Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC” dan klik next.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 2

3. Memilih Sistem Arsitektur

Langkah selanjutnya adalah menentukan sistem arsitektur (32 bit atau 64 bit). Secara otomatis, software ini akan mendeteksi sesuai dengan spesifikasi laptop atau komputer Anda. Namun jika Anda akan melakukan instalasi untuk perangkat komputer lain, Anda bisa menyesuaikan opsi ini dengan cara menghapus centang pada bagian Use the recommended options for this PC.

Setelah opsi diatas sesuai dengan kebutuhan Anda, silakan klik Next untuk melanjutkan proses.

4. Download File Iso

Untuk mendownload file ISO Windows 10, silakan pilih opsi ISO file dan klik Next.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 3

Pastikan koneksi internet Anda cukup stabil karena file ini memiliki ukuran yang cukup besar. Jika sudah terdownload, silakan baca tutorial membuat bootable Windows 10 dengan Flashdisk di bawah ini.

5. Download Aplikasi Rufus

Aplikasi ini bisa di download secara gratis di https://rufus.ie.

Screenshot 36

5. Buka Aplikasi Rufus

Setelah aplikasi terbuka, silakan tancapkan flashdisk Anda di komputer atau laptop Anda dan pastikan pada bagian Device, sudah sesuai dengan flashdisk yang tetancap.

Perlu diperhatikan bahwa setidaknya dibutuhkan flashdisk dengan kapasitas 8gb untuk membuat bootable Windows 10 ini.

Selanjutnya, klik pada bagian SELECT dan pilih file ISO Windows 10 yang sudah di download tadi.

Untuk lebih lengkapnya, silakan lihat gambar di bawah ini, pastikan semua pengaturan sama persis.

Rufus Windows10 Uefi Existing Iso.jpg

Jika sudah, silakan klik START untuk melanjutkan proses pembuatan bootable Windows 10. Proses ini memakan waktu kurang lebih sekitar 5-10 menit.

Setelah proses selesai, Flashdisk Anda sekarang sudah siap digunakan untuk install ulang perangkat laptop atau komputer Anda.

ads

Airul

Airul adalah seorang blogger dan internet marketer asal Magetan, Jawa Timur. Untuk keperluan bisnis, silakan email ke itsairul@gmail.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *