Cara Membuat Google Form
Teknologi

Cara Membuat Google Form

Mungkin beberapa dari kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Google Form. Bahkan beberapa orang mungkin sudah pernah menggunakannya untuk mengisi kuisioner maupun formulir 0nline.

Banyak yang memilih Google Form karena tidak hanya mudah namun juga cepat, karena Google Form juga memudahkan dalam pengisian data. Selain itu, banyak juga perusahaan maupun individu yang menggunakan Google Form untuk membangun  hubungan dengan pelanggan maupun penggunanya.

Sebenarnya apa Google Form itu? Apa saja keguanaan dan manfaatnnya?  bagaimana cara membuat Google Form? Simak penjelasannya dibawah ini tentang pengertian Google Form!

Apa itu Google Form?

Apa Itu Google Form

Google Form merupakan layanan dari Google yang memungkinkan penggunanya untuk membuat survey, tanya jawab dengan fitur formulir online yang bisa dicustomisasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Jadi, Anda juga bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari Audiens yang mengikuti survei. Google saat ini terus melakkan inovasi dari berbagai platform yang dimilikinya, di antaranya Google Docs, yang salah satu fiturnya turut menghadirkan Google Form.

Google Form sendiri biasanya digunakan untuk beberapa hal seperti memebuat kuisioner , membuat quick count pendapat, membuat fomulir pendaftaan online, kemudian mengelolanya dan masih banyak lainnya.

Kegunaan Google Form

Kegunaan Google Form

Google Form sendiri memiliki banyak  manfaat dan kegunaan yang di antaranya adalah memudahkan Anda untuk membuat sekaligus mengoleksi atau mengumpulkan sebuah data.

Kenapa harus menggunakan Google Form? Karena, Google Form akan mengumpulkan data dengan baik dan tentunya secara real time. Jadi, sekarang Anda tidak perlu lagi meluangkan banyak tenaga untuk memberikan pertanyaan satu persatu pada yang bersangkutan. Apalagi sampai mencetak pertanyaan di kertas demi kuisioner.

Teknolgi saat ini telah memudahkan semuanya. Sekarang yang perlu Anda adalah Anda hanya perlu membagikan sebuah Link dari Google Form yang telah dibuat, kemudian biarkan orang lain yang mengisi kuisioner secara Online.

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi membuang media berupa kertas, tinta, membuang banyak waktu, dan juga membuang tenaga. Dan yang tidak kalah penting adalah, data kuisioner yang Anda ajukan akan terjamin keamanannya.

Bagaimana bisa Google Form itu aman?

Jadi, Goole Form akan menyimpan data ke dalam Google Drive Anda secara otomatis. Selain itu, data tersebut juga bisa dipastikan tidak akan hilang dan rusak. Lalu bagamana cara membuat Google form?

Cara Membuat Google Form

Cara Membuat Google Form Bawah 1

Keberadaan Google Form di era saat ini sangat memudahkan beberapa pekerjaan. Tapi bagaimana  langkah cara membuat Google Form? Yang paling penting, Anda wajib memiliki akun Gmail.

Kalau  Anda belum mempunyai akun Gmail, terlebih dahulu Anda harus membuatnya dengan melakukan registrasi. Jika Anda sudah mempunyai akun Gmail-nya, sekarang Anda tinggal mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Google Form Tipe Kuisioner

  • Buka Google Docs dan Pilih Template
Membuka Google Form

Pertama, yang perlu Anda lalukan adalah membuka Google Docs dan kemudian pilih “Form”. Di sana akan tersedia beberapa opsi template. Pilihlah template yang sesuai dengan yang Anda suka.

Jika tidak ada yang cocok dengan Anda, Anda juga bisa memilih template blank yang berlatar belakang putih yang di dalamnya ada gambar “+” .

  • Mengisi Judul dan Deskripsi Form
Menyusun Pertanyaan

Jika Anda sudah memilih template blank, kemudian lanjutkan dengan mengisi kuisioner yang Anda inginkan. Anda akan melihat kotak dialog “Untitled Form” yang memiliki ukuran huruf cukup besar.

Kemudian klik kolom tersebut dan ketikkan judul dari kuisioner yang Anda ingin buat. Setelah mengisi judul, nantinya akan ada deskripsi di kolom “ Form Descirption” .

Pada kolom tersebut, paparkan secara deskirptif tentang kuiosioner Anda. Deskripsi harus dibuat secara rinci dan jelas. Dengan demikian, nantinya orang akan lebih mudah mengerti dan sepaham dengan maksud tujuan Anda.

  • Membuat Pertanyaan
Membuat Pertanyaan

Setelah judul dan deskripsi sudah dibuat, kemudian lanjut ke tahap memasukkan daftar pertanyaan untuk kuisioner. Di mana? Jadi di bawah kolom “Form Description’’ terdapat kolom “Question. Kemudian tulis pertanyaan yang ingin Anda ajukan.

Selain itu, Anda juga dibebaskan untuk memilih jenis pertanyaan yang Anda buat misalnya multiple Choice atau Short Answer. Multiple Choice untuk pertanyaan dengan jawaban “mungkin, tidak, atau ya”.

Short Answer digunakan untuk jawaban yang berupa deskripsi pendek, ada pula jenis jawaban “paragraph”. Hal ini berbeda dengan Short Answer. Paragraph membuat penggunanya bisa mengisi jawaban dengan lebih panjang.

  • Kirim Kuisioner

Jika Anda sudah mengisi semua pertanyaan yang Anda ingin ajukan, langkah terakhir adalah mengirim Google Form tersebut ke orang yang Anda inginkan bisa melalui Email maupun Anda juga bisa menyalin Link Google Form tersebut.

Caranya cukup mudah, yang perlu Anda lakukan adalah klik “send” di kanan atas. Kemudian akan ada opsi mengirim Form ke Email dengan menulis tujuan Email dan pilih “include form in email”. Langkah terakhir klik send yang ada di pojok kanan bawah.

2. Google Form Tipe Formulir Pendaftaran

Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Memilih Template

Pertama, yang perlu Anda lalukan adalah Anda perlu memilih template untuk formulir pendaftaran. Tetapi sebelum Anda melangkah ke langkah selanjutnya, syarat untuk bisa membuka Google Form adalah memiliki akun Gmail untuk masuk ke Google Docs sama seperti cara diatas.

  • Mengisi Judul dan Deskripsi

Untuk mengisi judul dan juga deskripsi di formulir pendaftaran, caranya sama dengan pembuatan kuisioner. Yang perlu Anda Lalukan adalah membuat judul dan deskrisi di formulir pendaftaran yang ingin Anda buat.

  • Menyusun Pertanyaan

Pertanyaan dalam formulir pendaftaran umumnya tidak menggunakan opsi Multiple Choice maupun Short Answer atau paragraph. Yang perlu ditanyakan biasanya berupa “nama, tempat tanggal lahir, usia” maupun info lain yang Anda butuhkan.

Untuk mempermudah pengunanya, Anda juga bisa memilih “Multiple Choice Grid” untuk membuat tabel di Google Form. Tabel tersebut bisa diisi informasi yang Anda butuhkan dari pengguna.

  • Kirim dan Share Formulir Pendaftaran

Langkah terakhir dari cara membuat Google Form tipe formulir pendaftaran yakni dengan mengirim Google Form tersebut. Caranya juga cukup mudah, yang perlu Anda lakukan adalah klik “send” di pojok kanan atas.

Kemudian akan ada opsi mengirim Form ke Email dengan menulis tujuan Email dan pilih “include form in email”. Kemudian klik “send” yang berada di bagian pojok kanan bawah. Setelah itu,

Jika Anda ingi mengirimnya lewat Link, yang perlu Anda lalukan adalah cukup mengcopy Link Google Form tersebut. Langkah selanjutnya Anda tinggal membagikan Link yang sudah Anda copy tadi kemudian bagikan melalui sosial media maupun langsung ke segmen yang Anda tuju.

Itulah ulasan yang membahas pengertian Google Form, kegunaan, dan cara membuat Google Form. Semoga ulasan yang kami berikan ini bisa bermanfaat bagi Anda, sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *