Cara Membuat Grafik di Word

Grafik adalah data visual yang umumnya digunakan untuk mengambarkan data statistik yang kamu milik agar lebih menarik dan mudah dipahami. 

Bagi kamu yang ingin mem-visualkan data yang kamu miliki dalam bentuk grafik, kamu dapat menggunakan fitur Chart di Microsoft Word untuk membuat grafik pada dokumen kamu. Fitur ini menyediakan beragam template siap pakai yang dapat membuat tampilan visual yang menarik dari data yang kamu miliki.

Melalui artikel ini, kami akan menunjukan kepada kamu bagaimana cara membuat grafik di Microsoft Word dengan mudah, pada tutorial ini kami menggunakan Microsoft Word 2016. Namun, pada dasarnya langkah-langkahnya tidak jauh berbeda bila kamu menggunakan versi 2013, 2010 atau 2007.

Simak panduanya di bawah ini.

Cara Membuat Grafik di Microsoft Word

1. Pada lembar kerja Word, klik tab Insert dan klik tombol Chart pada area illustrator seperti pada gambar di bawah ini.

2. Kamu akan melihat dropdown menu berisikan opsi jenis grafik yang dapat kamu pilih, dalam tutorial ini kami memilih menggunakan grafik garis 2 dimensi.

3. Pada lembar kerja kamu, akan muncul grafik garis dan juga ada jendela Spreadsheet Microsoft Excel, yang akan berfungsi untuk mengisi data yang kamu miliki untuk dikonversi ke grafik garis di Word.

4. Ubah judul grafik dengan cara klik bagian Chart Title, kemudian hapus dan isikan judul sesuai keinginan kamu

5. Kemudian klik pada Spreadsheet Excell dan masukan data yang kamu miliki ke Spreadsheet, dalam tutorial kali ini kami membuat contoh pendapatan bulanan tiap-tiap cabang toko.

6. Jika kamu ingin memasukan lebih banyak data, tarik sudut kanan bawah kotak biru untuk menambahkan atau mengurangi rentang data.

7. Jika sudah selesai dengan data kamu, klik tombol close pada Spreadsheet dan tampilan data kamu dalam bentuk grafik akan menjadi seperti gambar di bawah ini.

8. Kamu juga dapat mengubah tampilan layout grafik kamu agar menjadi lebih menarik dan informatif. Untuk melakukannya, klik dua kali pada grafik kamu dan kamu akan masuk pada tab Chart Design.

Kemudian klik Quick Layout dan pilih design layout yang kamu inginkan. Dalam tutorial kali ini, kami memilih layout lima untuk menampilkan data pendukung yang berasal dari Spreadsheet.

Maka tampilan grafik di Word akan menjadi sebagai berikut.

9. Kemudian untuk mempercantik tampilan grafik agar terlihat semakin menarik kami mengubah style agar memiliki tampilan yang kontras. Kamu juga dapat memilih beragam style yang kamu suka pada tab Chart Design seperti pada gambar berikut ini.

Dan, tampilan akhir grafik yang dibuat adalah sebagai berikut.

Baca Juga:

Demikian tutorial cara membuat grafik di Microsoft Word, semoga panduan yang kami berikan dapat membantu kamu dalam menguasai fitur-fitur yang terdapat di Microsoft Word. Sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar