Cara Membuat Struktur Organisasi di Word
Tutorial

Cara Membuat Struktur Organisasi di Microsoft Word

Struktur organisasi merupakan media visual yang menerangkan garis komando maupun garis koordinasi dalam sebuah stuktur tim, department, divisi atau sebuah organisasi maupun lembaga. 

Bagi internal organisasi ataupun lembaga, menyediakan bagan struktur organisasi secara sederhana akan sangat membantu untuk memahami alur komando dan alur koordinasi tiap-tiap anggota tim, department, atau divisi. Sedangkan, bagi pihak eksternal hal ini akan membantu mereka untuk mengetahui dengan siapa mereka harus melakukan kontak ketika ingin melakukan kerja sama ataupun hal lainnya. 

Oleh karena perannya yang penting dalam sebuah organisasi, menjadi sebuah keharusan untuk kamu untuk mengetahui cara membuat struktur organisasi. Kamu tidak perlu menguasai software pengolah gambar seperti Adobe Photoshop ataupun Corel Draw, yang kamu bisa membuat struktur organisasi menggunakan Microsoft Word. 

Microsoft Word memang dikenal sebagai aplikasi pengolah kata, meski tidak dirancang untuk membuat diagram atau bagan. Namun, aplikasi keluaran Microsoft ini memiliki sejumlah fitur yang akan membantu kamu dalam menyusun struktur organisasi. Oleh karena itu, simak panduannya berikut ini.

Cara Membuat Struktur Organisasi di Microsoft Word

1. Insert SmartArt

Pada dokumen Word kamu, klik tab Insert kemudian pilih SmartArt untuk membuka SmartArt Graphic Menu. Klik Hierarchy dan pilih Organizational Chart.

Cara Membuat Struktur Organisasi Di Word

2. Masukan Deskripsi Struktur Organisasi

Saat kamu klik toggle yang berada di sisi kiri struktur organisasi pada dokumen Word kamu, maka akan muncul jendela menu SmartArt Text yang memungkinkan kamu untuk mengedit teks yang berada didalam struktur tersebut. Klik kolom [text] dan isikan deskripsi jabatan pada struktur tersebut.

Cara Membuat Struktur Organisasi Di Word 2

3. Menambahkan Hirarki

Dalam struktur organisasi yang kompleks tentu memiliki banyak anggota yang masing-masing tergabung dalam tiap-tiap divisi yang ada di organisasi. Jika kamu ingin menambahkan struktur hirarki dalam organisasi kamu, kamu dapat melakukannya menggunakan SmartArt Text.

Klik salah satu jabatan pada SmartArt Text, jika kamu ingin menambahkan anggota dibawah jabatan tersebut dalam tutorial ini kami akan menambahkan anggota dari Divisi 3, kemudian klik tombol Plus pada SmartArt Text maka kamu telah menambahkan hirarki baru di bawah Divisi 3.

Tambahkan nama atau jabatan pada struktur baru tersebut.

Cara Membuat Struktur Organisasi Di Word 3

4. Mengubah Warna Struktur

Kamu bisa mengubah ukuran font warna hingga struktur organisasi yang kamu buat di Word dengan menggunakan SmartArt Design

Kiik struktur organisasi kamu dan kamu akan melihat tab SmartArt Design pada bagian atas dan klik tab tersebut.

Pada SmartArt Design, klik ikon Change Colors dan akan terbuka menu pilihan warna yang dapat kamu pilih,

Cara Membuat Struktur Organisasi Di Word 4

Klik warna yang kamu inginkan dan seketika warna akan diterapkan pada struktur organisasi kamu.

Cara Membuat Struktur Organisasi Di Word 5

5. Mengubah Format Struktur

Dengan SmartArt Design kamu juga dapat mengubah format struktur yang sudah kamu buat. Semisal jika kamu ingin mengubah struktur organisasi dengan menggunakan konsep yang lain dengan menggunakan SmartArt Design

Klik tab SmartArt Design, kemudian klik toggle pada area format chart dan kamu akan melihat beragam format chart yang dapat kamu pilih.

Cara Membuat Struktur Organisasi Di Word 6

Scroll down dan cari area Hierarchy, kemudian pilih format struktur organisasi yang kamu inginkan. Dalam tutorial kali ini kami memilih untuk mengubah menjadi Hierarchy.

Cara Membuat Struktur Organisasi Di Word 7

Maka tampilan struktur organisasi berubah menjadi seperti gambar berikut.

Cara Membuat Struktur Organisasi Di Word 8

Baca Juga:

Demikian tutorial Cara Membuat Struktur Organisasi di Word, semoga panduan yang tunjukan di atas memberikan kamu pengetahuan baru dalam memaksimalkan fitur-fitur microsoft Word. Sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *