Cara Mematikan Update Windows 10

Microsoft mengharuskan bagi setiap pengguna windows 10 untuk melakukan update windows secara otomatis saat perangkat terhubung ke jaringan internet tanpa memberikan opsi disable terlebih dahulu.

Pembaruan kumulatif diinstal secara otomatis ketika Windows memutuskan untuk melakukan pemberuan tersebut. Hal ini bisa membuat sangat frustasi bagi pengguna Windows 10 karena mereka sering dipaksa untuk me-restart PC/Laptop mereka pada waktu yang tidak tepat.

Solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mematikan update windows 10. Meskipun tidak bisa mematikan update secara permanen.

Mengenal Pembaruan Windows

Pembaruan Windows memungkinkan Anda untuk mengunduh dan menginstal pembaruan yang disarankan dan penting secara otomatis, tanpa harus mengunjungi situs web Pembaruan Windows.

Hampir setiap perangkat lunak yang Anda gunakan perlu terus untuk diperbarui, beberapa cara pembaruan digunakan untuk memperbaiki bug dalam kode. Hal ini untuk memperbaiki masalah keamanan atau menambahkan fungsi atau fitur yang sebelumnya tidak termasuk dalam perangkat lunak.

Karena itu, penting bagi kita untuk selalu memperbarui Driver, Aplikasi, dan System Operasi. Konsol Pembaruan Windows di Panel Kontrol adalah alat utama yang dapat Anda gunakan untuk mengelola pembaruan di Windows.

Pengguna dengan hak administratif juga dapat memeriksa pembaruan, mengubah pengaturan pembaruan, meninjau pembaruan yang diinstal, dan melihat pembaruan yang tersembunyi.

Berikut  langkah langkah Cara mematikan update windows 10 dengan mudah, Simak penjelasannya dibawah ini:

Cara Mematikan Update Windows 10 Melalui Pengaturan

Jika Anda ingin menunda update otomatis di Windows 10 untuk sementara waktu, Anda tidak perlu untuk mematikan secara permanen. Anda hanya perlu menjeda update sampai Anda siap untuk menerapkannya diperangkat PC/Laptop Anda. Anda hanya dapat menghentikan pembaharuan secara otomatis selama 35 hari saja.

1. Mematikan Semua Pembaruan

Untuk mematikan update secara otomatis di Windows 10, berikut caranya:

  • Pertama, buka menu Setting.
  • Kemudian pilih Update & Security.
  • Pada halaman Windows Update, kemudian pilih Advanced options.
  • Pada bagian bawah “Pause updates“, Anda bisa menggunakan menu pause sampai waktu yang Anda inginkan, dan pilih kapan untuk melanjutkan pembaruan otomatis pada windows 10.
  • Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, pembaruan akan dimatikan sampai hari yang telah kamu tentukan.

Ketika waktu pause sudah melewati batas, Anda hanya perlu melakukan pembaharuan lagi agar opsi tersebut tersedia kembali. Jika Anda ingin membatalkan perubahan tersebut, maka Anda dapat menggunakan instruksi yang sama, tetapi pada langkah ke 5 pilih opsi Select date, atau Anda dapat mengklik tombol Resume updates dari halaman pembaruan Windows.

2. Mematikan Pembaruan Keamanan

Berikut langkah-langkahnya untuk mematikan pembaruan keamanan di Windows 10:

  • Pertama, buka menu setting.
  • Kemudian pilih Update & Scurity.
  • Pada menu Windows Update, kemudian klik Advanced Options Button
  • Di bawah “pause update“, gunakan menu drop-down dan pilih jumlah hari untuk menunda pembaruan ( maksimal hingga 30 hari ).

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah diatas, PC/Laptop Anda tidak akan lagi melakukan update dan install secara otomatis hingga jadwal mencapai batasnya selesai.

3. Mematikan Pembaruan Fitur

Pengaturan lanjutan juga memungkinkan Anda untuk mematikan pembaruan fitur dari mendownload dan menginstall secara otomatis, meskipun pembaruan ini sekarang opsional.

Berikut langkah-langkahnya untuk mematikan pembaruan fitur di Windows 10 hingga sampai satu tahun:

  • Pertama, buka menu setting.
  • Lalu pilih Update & Scurity.
  • Kemudian klik Advanced Options button.
  • Di bawah “pause update“, gunakan menu drop-down dan pilih jumlah hari untuk menunda pembaruan fitur baru.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah untuk mematikan pembaruan fitur, perangkat ini tidak akan lagi menerima pembaruan fitur hingga batas waktu yang telah Anda tentukan dalam pengaturannya.

Itulah beberapa ulasan yang membahas tentang  cara mematikan update di Windows 10 dengan mudah yang kami rekomendasikan bagi Anda. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar