Cara Screenshot Laptop Dan Pc

3 Cara Mengambil Screenshot di Laptop dan PC Windows 10

Beberapa cara sederhana untuk mengambil gambar screenshot di laptop atau PC dengan sistem operasi Windows 10.

ads

Screenshot atau juga dikenal sebagai screen capture menjadi salah satu kebutuhan penting di era seperti sekarang, terlebih bagi Anda pekerja kantoran yang perlu membuat laporan pekerjaan.

Tidak hanya untuk keperluan profesional, screenshot juga bisa berguna untuk keperluan pribadi. Misalnya saja ketika Anda berbelanja secara online dan perlu mengirimkan bukti transfer berupa screenshot.

Nah, bagi Anda yang mungkin saat ini sedang mencari cara mengambil screenshot di laptop atau PC, artikel ini akan membantu Anda mengetahui cara mengambil tangkapan layar di laptop atau PC dengan mudah dan cepat.

Menggunakan Tombol Print Screen

Cara Screenshot 1
Source: learn.g2.com

1. Tekan Tombol Print Screen di Keyboard

Tombol Print Screen di Keyboard pada setiap keyboard memiliki label yang berbeda-beda, umumnya label yang disematkan adalah PrtScn / PrntScrn / PrintScr / PrtSc.

Pada beberapa jenis keyboard, Anda harus mengkombinasikan tombol Print Screen dengan tombol Fn untuk mengambil screenshot.

2. Buka Aplikasi Paint

Saat tombol print screen ditekan, gambar hasil screenshot belum akan disimpan di laptop atau PC Anda. Jadi langkah selanjutnya untuk bisa menyimpan hasil screenshot tersebut adalah menyimpannya dengan aplikasi paint.

Setelah aplikasi paint terbuka, Anda cukup tekan tombol Ctrl + V. Gambar akan otomatis ter-paste di aplikasi Paint tersebut.

3. Lakukan Editing

Di aplikasi Paint Anda bisa melakukan beberapa editing jika memang dirasa diperlukan, misalnya saja melakukan cropping untuk menghapus bagian yang dirasa tidak diperlukan.

4. Simpan Hasil Screenshot

Untuk menyimpannya, cukup tekan tombol Ctrl + S di aplikasi Paint. Alternatif lain yang bisa Anda pakai untuk menyimpan hasil screenshot adalah dengan cara klik pada menu File > Save / Save As.

Menggunakan Snipping Tool

Cara Screenshot 1 1

1. Tekan Tombol Windows + Shift + S di Keyboard

Snipping tool merupakan aplikasi bawaan Windows yang bisa digunakan untuk mengambil tangkapan layar atau screnshoot di laptop dan PC.

Anda dapat membuka aplikasi ini dengan menggunakan shortcut Windows + Shift + S di keyboard laptop atau PC Anda.

2. Pilih Area yang Ingin di Screenshot

Berbeda dengan cara pertama, snipping tool bisa lebih mempermudah Anda dalam urusan cropping area tertentu.

3. Buka Aplikasi Snip & Sketch

Setelah area yang ingin di screenshot ditentukan, Anda akan otomatis mendapatkan notifikasi bertuliskan ‘snip saved to clipboard’. Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi bernama Snip & Sketch. Cara membuka aplikasi ini cukup mudah, yakni cukup klik pada bagian notifikasi yang muncul tadi.

4. Lakukan Editing

Sama seperti cara pertama, Anda juga bisa melakukan editing jika dirasa perlu langsung menggunakan Snip & Sketch.

5. Simpan Hasil Screenshot

Untuk menyimpannya, cukup tekan tombol Ctrl + S di aplikasi Snip & Sketch. Alternatif lain yang bisa Anda pakai untuk menyimpan hasil screenshot adalah dengan cara klik pada menu File > Save / Save As.

Menggunakan Aplikasi Lighshot

Lightshot1

1. Download & Install

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi ini melalui link berikut ini. Langkah selanjutnya adalah menginstalnya di perangkat laptop atau PC Anda.

2. Tekan Tombol Print Screen di Keyboard

Untuk mengambil gambar screenshot menggunakan aplikasi Lighshot ini cukup mudah, yakni dengan cara tekan tombol Print Screen yang ada di keyboard.

3. Pilih Area yang Ingin di Screenshot

Cara kerja aplikasi ini mirip dengan cara kedua menggunakan Snipping tool, yang mana Anda bisa memilih area yang ingin Anda ambil gambar screenshot-nya.

Lightshot

4. Lakukan Editing

Aplikasi lighshot ini memiliki beberapa fitur editing gambar yang cukup berguna, seperti misalnya fitur untuk menambah teks atau tanda panah.

5. Simpan Hasil Screenshot

Untuk menyimpan gambar hasil screenshot caranya cukup mudah, yakni cukup klik tombol save (ikon disket yang ada di sebelah tanda X). Anda juga dapat menyimpan gambar hasil screenshot secara online dengan cara klik tombol upload (ikonawan di bagian paling kiri bawah).

Nah itulah 3 cara sederhana untuk mengambil screenshot di laptop atau PC dengan sistem operasi Windows 10. Secara pribadi, saya lebih menyukai cara ke-3 karena hanya perlu beberapa langkah saja untuk bisa mengambil screenshot.

ads

Airul

Airul adalah seorang blogger dan internet marketer asal Magetan, Jawa Timur. Untuk keperluan bisnis, silakan email ke itsairul@gmail.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *